Gamelan Indonesia Meriahkan Festival Asia Pasifik di La Plata

By Admin

nusakini.com--Lantunan melodi kelompok Gamelan KBRI Buenos Aires "Sang Bagaskara" meriahkan selebrasi Festival Pekan Asia Pasifik, pekan lalu di La Plata, Provinsi Buenos Aires, Argentina. Acara diselenggarakan di aula utama Universitas Nasional La Plata di pusat kota La Plata dan dihadiri oleh publik dan pencinta budaya asia. 

Acara selebrasi turut mengundang berbagai penampilan seni dan budaya Asia antara lain, kelompok tambor Jepang, penampilan Barongsai dan Kung Fu komunitas Confucius Argentina, Gitar Tradisional Jepang, dan kelompok Penari India. 

Kegiatan Festival Pekan Asia Pasifik di La Plata merupakan acara tahunan yang digelar oleh Universitas Nasional La Plata dan telah berjalan selama 26 tahun. Penampilan kelompok Gamelan KBRI Buenos Aires "Sang Bagaskara" merupakan yang pertama kali dalam festival tersebut. 

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran tim kesenian dari Indonesia, karena hal tersebut dapat menumbuhkan minat mahasiswa dan publik secara umum akan kekayaan budaya asia, khususnya Indonesia”, demikian disampaikan penanggung jawab festival sekaligus Kepala Pusat Studi Korea, Dr. Barbara Bavoleo. 

Universidad La Plata merupakan satu-satunya Universitas Nasional/Publik di Argentina yang memiliki fakultas/sekolah studi oriental bagi mahasiswa Argentina yang memiliki minat mempelajari Asia, termasuk Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. 

Kelompok Sang Bagaskara memainkan 8 (delapan) lagu yang terdiri dari lagu tradisional Indonesia, seperti Meh Rahino, Aja Lamis, Jaranan, Prau Layar, Aja Dipleroki, Kebo Giro, dan lagu kontemporer gubahan sendiri yaitu, Aire de Tango dan El Baile del Pasto yang mengkombinasikan Gamelan dengan tambor serta perkusi khas Afrika/Amerika Tengah.(p/ab)